Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok Yang Patah atau Rusak

Ayam bangkok yang diturunkan ke dalam arena adu ayam dirasa memiliki kualitas sebagai ayam bangkok istimewa. bukti nyata ayam milik para pecinta ayam aduan sebagai ayam bangkok unggul ketika ayam bangkok yang diadu memukul ayam, melumpuhkan ayam, terkadang sampai mematikan ayam lawan agar juara dalam arena adu ayam. cara istimewa dalam merawat ayam bangkok dibutuhkan agar ayam bangkok selalu berada dalam kondisi bagus baik dari sisi mental, daya tahan, tenaga, kecepatan dan faktor penting lainnya. Dalam arena adu ayam, ayam bangkok yang diadu memiliki teknik tarung ayam yang berbeda-beda bawaan masing-masing ayam aduan. seperti teknik tarung ayam kontrol, solah, pranggal, ngalung, nggandul, nyayap, ndongkrak dan lainnya. stamina ayam terkuras dalam pertarungan ayam, tak jarang bulu ayam aduan bisa rusak bahkan patah akibat tarung ayam. jika bulu ayam bangkok aduan rusak atau patah, merawat bulu ayam bisa dengan cara disambung atau ditusuk pada pangkal, bisa juga disambung tempel. merawat bulu ayam bangkok dirasa perlu agar pesona dan kharisma ayam bangkok tetap terjaga. bahkan ada anggapan bahwa bulu ayam bangkok istimewa bisa menunjukan kualitas ayam.
Alat dan bahan merawat bulu ayam bangkok yang rusak patah
1. Tang potong.
2. Lem power glue.
3. Jarum pentul (pentulnya dibuang).
4. Pisau lipat
5. Bulu penyambung (bentuk harus diupayakan sama dengan bulu yang patah di sayap).
6. Selongsong pangkal bulu yang sudah dipotong 2 cm.

Lakukanlah langkah dan cara merawat bulu ayam bangkok seperti:

  • Potong bulu ayam yang akan dijadikan sambungan. sesuaikan ukuran dengan bulu yang patah serta panjang bulu harus diatur agar serasi dengan bulu-bulu lain di sayap.
  • Tusukan jarum pentul yang sudah dibuang pentulnya ke dalam bulu yang sudah dipotong. sebelum ditusukan, celupkan dulu jarum ke dalam power glue.
  • Ujung jarum yang lain ditusukan ke dalam bulu yang patah. (jangan lupa jarum diberi power glue dulu).
  • Tekan perlahan-lahan, sampai bulu menyatu dengan baik. penusukan harus lurus.
  • Ambil selongsong pangkal bulu dan belah menjadi dua bagian.
  • Sambungan bulu yg sudah terpasang di beri lem power glue.
  • Rekatkan selongsong yang telah dibelah dua tadi.
  • Tekan supaya menempel erat.

Untuk merawat bulu ayam bangkok dengan cara tempel bahan yang diperlukan menggunakan pisau cutter, lem sepatu ( pakai lem fox), dan sambungan bulu ayam. langkah pertama dengan merapikan bulu ayam yang akan di sambung dan potong dengan pisau cutter ujungnya secara miring arah atas ke bawah kemiringan 45 derajat serta sambungan bulu ayam yg disediakan, dengan arah bawah ke atas dengan kemiringan 45 derajat. setelah itu, pastikan ukuran sambungan dan panjangnya sudah cocok dan pas untuk dipasang pada ayam aduan. dengan pemberian lem sepatu pada masing-masing sambungan bulu tersebut, secukupnya. terakhir, jika sudah kering, tempelkan masing-masing ujung sambungan bulu ayam tersebut, sambil ditempelkan. dan jangan lupa posisi/kemiringan sambil di perhatikan.

0 komentar:

Posting Komentar