Ciri Gaya Tarung Ayam Birma Asli dan Kawin Silang Lengkap

Artikel tentang kekhasan gaya tarung ayam burma dibandingkan ayam aduan lainnya, dan perubahan gaya tarung dari hasil kawin silang dengan ayam thailand.  Sebelumnya sudah ada artikel tentang Ciri Fisik Ayam Burma Asli. Jika pada ciri fisik ayam burma (ayam birma, ayam myanmar, ayam pama) tidak ada tanda-tanda unggul sebagai ayam aduan yang tangguh, maka dari segi teknik dan gaya tarung ayam burma sangat tampak keunggulan unik yang dimiliki ayam burma tersebut.  Berdasarkan keunikan teknik dan gaya tarung yang menonjol pada ayam birma, banyak situs-situs di thailand memberi istilah pada ayam birma ini sebagai ayam myanmar/burma goyang tari, ayam cerdas dan jenius, ayam licik dan cerdik, ayam kaki sensitif dan lainnya.

KEUNIKAN GAYA TARUNG AYAM BURMA ASLI  

Intinya gaya tarung ayam burma tersebut tidak seperti gaya tarung ayam thailand, ayam vietnam atau ayam bangkok yang umumnya saling berhadap-hadapan, bermain rapat saling menempelkan leher, saling adu kekuatan, dan saling ngotot.  Ayam birma adalah ayam yang bermain cerdik, bermain lebih dominan teknik dan taktis, diantaranya seperti berikut:
  • Ayam burma menjaga jarak dengan lawan dengan menghindar ke kiri kanan, menjauh dengan cara berlari (lari bukan berarti takut) memutar, atau atret mundur, atau ada juga yang masuk ke dalam badan di bawah kaki.  Menghindar dan jaga jarak adalah cara ayam burma menutupi kelemahannya pada tubuh dan tulang yang kurang kokoh.
  • Ayam burma sulit dikunci karena ayam birma memiliki keahlian anti-lock atau aerodinamis
  • Ayam burma bergerak dan memukul tanpa mematuk lawan.
  • Ayam burma bergerak seperti berjoget dan menggoyangkan kepala
  • Ayam burma sangat pintar dalam mencuri kesempatan untuk memukul
  • Ayam burma memiliki kegesitan gerakan yang lebih cepat dari ayam thailand
  • Ayam burma memiliki kaki yang sensitif dan akurat dalam memukul terutama kearah telinga dan mata. 
  • Taji ayam burma sangat akurat dan mematikan.  

GAYA TARUNG AYAM BURMA HASIL KAWIN SILANG

Kawin Silang ayam burma asli dengan ayam aduan lainnya adalah untuk memperbesar ukuran badan dan memperbaiki struktur tulang agar lebih besar dan kuat.  Kawin silang ayam burma juga banyak digunakan untuk mengambil gaya tarung ayam burma untuk ayam thailand, ayam vietnam dan ayam bangkok.  Namun kawin silang tersebut akan berbeda hasilnya sbb:
  • Ayam burma (75%) - thailand (25%) menghasilkan ayam dengan kecepatan bergerak dan kemampuan teknik dan gaya tarung yang masih bagus mendekati gaya tarung ayam burma asli.
  • Ayam burma (50%) - thailand (50%) menghasilkan ayam dengan kecepatan bergerak dan taktik gaya tarung yang sudah berkurang dibanding ayam burma asli.
  • Ayam burma (25%) - thailand (75%) menghasilkan ayam dengan teknik ayam burma yang sudah jauh berkurang.  Ayam ini malah lebih cenderung seperti gaya tarung ayam thailand.


Demikian artikel Gaya Tarung Khas Ayam Burma Asli dan Kawin Silang, semoga berguna untuk mengidentifikasi ayam burma yang dimiliki atau yang akan dibeli.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. oh jadi itu cirinya gan, terimakasih. bermanfaat banget nih

    BalasHapus
  3. Jadi pengen beli ayam birma nih. Thanks bro infonya

    BalasHapus
  4. Ayam nya gagah ya...manteppp

    BalasHapus